Wednesday, 12 June 2013

Menjadi Fashionable dengan Tote Bag

Simpel. Satu kata yang bisa menggambarkan tote bag. Pada beberapa kesempatan, tak jarang saya pun menggunakan tote bag. Meski tote bag lebih sering digunakan oleh kaum hawa, kini kaum adam pun mulai memakainya. Karena bentuknya yang simpel dan ringan, tote bag digemari banyak orang. Selain itu, desain dan gambar yang menarik menjadi gaya tersendiri bagi pemakainya.

Pada awalnya, kata "tote" tidak digunakan untuk istilah tas hingga tahun 1900. "Tote" memiliki arti "untuk membawa". Di Amerika, sekitar tahun 1944, LL Bean meluncurkan produk Boat Bag, tas yang dikhususkan untuk para pendayung perahu. Namun, kesederhanaan dan kekokohan tas jenis ini digemari banyak orang, terutama kaum hawa. Mulai tahun 1950an, tote bag menjadi daya tarik utama. Kebanyakan digunakan kaum hawa sebagai tas tangan.

LL Bean's Boat Bag (Sumber: llbean.com)
Hingga tahun 1960an, tote bag tidak dilirik menjadi bagian suatu fashion. Namun, setelah Bonnie Cashin meluncurkan produknya yang bernama Cashin Carry Tote Bags pada tahun 1960an, tote bag menjadi produk berkelas dengan gaya yang khas untuk aktivitas-aktivitas praktis sehari-hari. Setelahnya, pada tahun 1990an, Kate Spade menjadi satu-satunya yang mengubah tas bagasi dari tas travel menjadi tas fashion. Sejak saat itu, tote bag menjadi bagian dari fashion.

Bonnie Cashin (Sumber: ebay.com)
Kate Spade (Sumber: katespade.com)
Pada awalnya, tote bag dibuat dari kain berbahan kanvas, yang kemudian digantikan oleh kain berbahan kulit. Namun, sekarang tote bag dibuat dari berbagai macam kain, termasuk yang terbuat dari bulu binatang. Di beberapa negara, penjualan tote bag dari bulu binatang dilarang karena berkaitan dengan isu lingkungan.

Sumber: lookbook.nu
Tote bag juga digunakan untuk membawa belanjaan. Meski demikian, penggunaannya pun tetap menjadi fashion accessories. Di satu sisi, kaum adam pun menggunakan tote bag untuk berbagai macam tujuan untuk aktivitas sehari-hari.

Sumber: lookbook.nu
Di Indonesia sendiri, penggunaan tote bag sangat luas. Tidak hanya sebagai aksesoris fashion, tetapi juga dikenal baik sebagai goodie bag freebies untuk acara-acara tertentu. Saya sendiri "mengoleksi" berbagai macam tote bag dari seminar-seminar yang saya hadiri. Pada tujuan lain, tote bag ini memiliki fungsi sebagai tas tambahan. Hal ini bisa kita temukan pada pelajar atau mahasiswa dan juga pengajar yang memakai tote bag untuk buku-buku yang mereka bawa.

Fungsi lain dari tote bag adalah untuk menggantikan kantong plastik yang sulit terurai. Tote bag digunakan karena kekokohannya untuk membawa sesuatu, seperti kantong plastik. Perbedaannya adalah material/bahan baku yang digunakan dan proses pembuatannya. Karena terbuat dari kain, tote bag dinilai lebih ramah lingkungan. Selain itu, kebanyakan tote bag dibuat secara handmade, tanpa mesin yang menggunakan minyak bumi. Oleh karena itu, aktivitas berbelanja pun menjadi lebih fashinable dan tetap ramah lingkungan. Hal ini juga dikenal jadi salah satu trend aksesoris eco-fashion yang akan diceritakan ditulisan lain. (RN)

1 comment:

Dwi Sulistiyani said...

Thanks for sharing.. Butuh bahan tote bag berkualitas dengan harga murah.. Kunjungi toko kain online kami dan dapatkan penawaran menarik lainnya.. Regards : Fitinline..