Tuesday, 20 September 2011

PARJUR 2011 - Berbagi Bersama Dalam Forum Hijau Bandung

Oleh: Rahyang Nusantara

Kang Cuham dari Komunitas Gowes presentasi mengenai
kegiatan yang dilakukan (Foto : Rahyang Nusantara)
Bandung (19/9). Bertempat di Common Room, Jalan Kyai Gede Utama no.8 Bandung, Forum Hijau Bandung (FHB) melakukan pertemuan rutin seperti biasa. Pertemuan kali ini berisi beberapa agenda yang cukup menarik untuk disimak. Beberapa agenda tersebut adalah presentasi dari Komunitas Gowes dan Bandung Berkebun mengenai aktivitas-aktivitas lingkungan mereka dan beberapa kegiatan lainnya. FHB adalah sebuah tempat berkumpul untuk para pegiat lingkungan atau aktivis lingkungan atau orang yang peduli terhadap isu lingkungan, bisa individu dan organisasi. Tujuan FHB sebagai tempat pertemuan orang-orang tersebut untuk saling berbagi informasi, berkolaborasi, atau sekedar bertemu. FHB sudah dibentuk sejak dua tahun yang lalu dan sudah masuk generasi manajemen yang ketiga. Program FHB adalah memfasilitasi pertemuan rutin organisasi dan individu. 

Dalam hal berkomunikasi, FHB mengandalkan teknologi dunia maya. "Meskipun belum digarap dengan serius, dunia maya adalah satu alat yang pas untuk berkomunikasi, apalagi pertemuannya hanya dilakukan satu bulan satu kali," ujar Anilawati Nurwakhidin, salah satu tim manajemen FHB. Lebih lanjut, tim manajemen juga akan membuka peluang bagi relawan untuk membantu dalam pengembangan media komunikasi tersebut. Sebagai langkah awal, FHB mengumpulkan foto-foto kegiatan lingkungan di Kota Bandung melalui akun Facebook masing-masing organisasi dan individu. Menurut Teh Anil, begitu beliau disapa, hal ini bertujuan untuk membuat database awal kegiatan-kegiatan lingkungan di Kota Bandung.


Meski belum digarap secara serius, FHB memang selalu berkomunikasi lewat dunia maya. Dunia maya menyajikan fitur komunikasi yang dianggap sebagai media baru dalam perkembangan dunia jurnalistik. Hal ini sejalan dengan apa yang akan dilakukan oleh Himpunan Mahasiswa Jurnalistik Unpad dalam Parade Jurnalistik 2011. Dimana tema yang diangkat adalah "When New Media Start to Take The Lead". Kegiatan ini berlangsung semenjak minggu lalu dan puncak acara pada tanggal 24 September 2011 di Universitas Padjadjaran Kampus Dipati Ukur. Keterangan lebih lanjut mengenai kegiatan Parade Jurnalistik bisa dibaca disini.

Pertemuan malam hari lalu dihadiri oleh banyak partisipan yang berasal dari berbagai organisasi dan individu. Kegiatan tadi malam juga membahas ide partisipan mengenai pengembangan FHB melalui kuesioner. Akhir acara ada pengumuman informasi dari masing-masing organisasi dan pembagian hadiah secara simbolis mengenai Lomba Foto Lebaran Hijau yang diadakan oleh salah satu partisipan FHB, yaitu Yayasan Pengembangan Biosains dan Bioteknologi (YPBB) Bandung, pada bulan lalu.





Supported by:

4 comments:

Ananda Rifqy said...

Nice post, nice news...
Hopefully, all of Bandung green activists would like to share their experiences and programs in UB, hehe

Rahyang Nusantara said...

just tell us, rifqy :)

asaz said...

dukungan buat FHB semoga program=probramnya berhasil mengurangi kerusakan ibu kota provinsi jawa barat ok ditunggu coment bactnya di link artikenya ini

Agus H said...

semoga....

Kami urang sunda juga dukung.


visit. www.segernya.blogspot.com nya...
aya info sunda.
komunitas sunda