Sunday 4 December 2011

Peranan Pemuda Untuk Keberlanjutan Lingkungan - Seminar Nasional Technovert 2011

Jatinangor (1/12). Himpunan Mahasiswa Sastra Perancis (Himaper) Unpad menyelenggarakan Seminar Nasional Technovert 2011 dengan tema "Peran Perancis dalam Pengembangan Manifestasi Teknologi "Go Green"". Seminar yang digelar di Bale Santika Waras Tanginas Binekas ini mengundang pembicara-pembicara yang memang merupakan pegiat lingkungan. Pembicara tersebut adalah Joel La Bail yang merupakan atase sains dan teknologi Perancis, Nadine Zamira Sjarief yang merupakan Miss Indonesia Earth 2009, Kartika Nindya dari Garuda Youth Community dan Rahyang Nusantara sebagai pegiat lingkungan Kota Bandung.

Suasana seminar (Sumber: Panitia Technovert 2011)
Pada sesi pertama, Rahyang Nusantara, Kartika Nindya, dan Nadine Zamira Sjarief memaparkan sudut pandangan masing-masing mengenai lingkungan. Rahyang Nusantara dalam presentasinya lebih menekankan peranan pemuda dalam kegiatan-kegiatan lingkungan dan sejauh mana pemuda sadar terhadap permasalahan lingkungan disekitarnya. Kartika Nindya menceritakan program Garuda Youth Community dalam pemberdayaan masyarakat Cilincing (Jakarta) yang hidup diatas tumpukan kulit kerang dan mengajak mereka dalam memanfaatkan kulit kerang tersebut sebagai barang-barang komersil. Nadine Zamira Sjarief, sebagai Putri bumi, mengemukakan bahwa perubaha iklim merupakan masalah global yang harus jadi perhatian seluruh masyarakat bumi.

Rahyang Nusantara dengan presentasinya dengan judul
"Menjadi Pemuda Sadar Lingkungan"
(Sumber:Panitia Technovert 2011)
Pada sesi kedua, Monsieur Joel La Bail mempresentasikan peranan Perancis dalam pengembangan teknologi hijau, khususnya dalam pengembangan teknologi untuk memanfaatkan potensi air laut sebagai sumber energi terbarukan. Perlunya pengembangan teknologi yang berbasis penyelamatan lingkungan, khususnya dalam pemanfaatan sektor perikanan dan kelautan, menjadi fokus utama Perancis untuk mengembangkan teknologi. Oleh karena itu, Perancis sebagai negara pengembang teknologi terbesar di Eropa juga mendukung perkembangan teknologi hijau. 

Acara yang dimeriahkan oleh stand-stand hijau dari Unpadgreen Id, Terarium Faperta Unpad, dan Bike to Unpad juga bertujuan untuk mengembangkan pemahaman dan kepedulian mahasiswa, terutama mahasiswa Sastra Perancis, dalam mendukung berbagai kegiatan lingkungan. Acara ini juga menampilkan aksi budaya oeh mahasiswa Unpad. Ada kesenian Kacapi Suling dari PAMASS Fakultas Sastra dan acara ditutup dengan penampilan menakjubkan dari mahasiswa Fakultas Teknik Geologi (FTG) Unpad yang menampilkan Tari Saman dari Aceh.
Penampilan Tari Saman dari FTG Unpad
(Sumber: Panitia Technovert 2011)
Foto Bersama Panitia Technovert 2011 dan Pembicara
(Sumber:Panitia Technovert 2011)

Salam hijau,
Salah satu pembicara Technovert 2011

No comments: