Monday 26 January 2015

Kemarahan Pejalan Kaki

Tadi pagi, saat saya berjalan kaki dari kost-an ke Anomali Coffee (daerah Kemang, Jakarta Selatan) saya dibuat marah oleh salah satu pengendara motor. Saat hendak menyebrang di persimpangan jalan menuju arah Cipete (dekat minimarket Alfamart/Seven Eleven), saya sudah pastikan lihat kiri kanan tidak sedang ramai lalu lalang kendaraan bermotor. Namun, tiba-toba melintaslah sebuah motor tepat depan saya. Si penumpang motor ngomel "Heh! Nyebrang (lihat-lihat)!". Sontak saya melototin ibu-ibu berjilbab itu. Sambil dia berlalu, dia tetep ngelihatin saya. Saya balik lihati si ibu itu dengan muka jutek saya (kalau kalian kenal saya, pasti tahulah muka jutek saya kayak gimana). Sambil berjalan, saya sambil mengingat-ingat kesalahan saya apa. Namun, saya yakin kesalahan bukan pada saya. Lha wong saya udah yakin engga ada yang sedang melintas, meski saat itu saya lihat ada mobil tapi saya sudah pastikan bahwa saya mau nyebrang kepada mobil itu. Eh, taunya ada motor nyelonong di tengah-tengah.

Sudah cukup sering pengendara motor (dan/atau mobil) merasa paling benar kalau ada di jalan raya. Namun, maaf-maaf ya, jangan kepedean banget. Jalan itu bukan punya milik motor atau mobil, atau kendaraan bermotor jenis lainnya. Ada hak pejalan kaki. Ingat, HAK PEJALAN KAKI. Kita sama-sama bayar pajak. Lagian yah, kita sama-sama manusia, ada orang nyebrang kenapa engga mau berenti bentar sih, ga nyampe semenit. Itu motor kalau engga ada manusia yang mengendarai juga gak bakal jalan. Jangan mentang-mentang kalian punya motor dan/atau mobil merasa status sosial kalian lebih tinggi daripada pejalan kaki. Mending kalo belinya lunas, lha kalo cicilan sama aja kayak saya nyicil beli ponsel.


Saya terlalu kesal dengan para pengendara kendaraan bermotor. Tidak cuma masalah di atas. Trotoar aja yang disediakan untuk pejalan kaki, mereka (dan pedagang kaki lima) ambil haknya. Plis deh, serakah amat jadi orang. Hayo ngaku, kalo kalian para pengendara motor pasti pernah melintas di trotoar demi menghindari kemacetan? Atau kalian pada pengendara mobil pernah parkir dengan alasan cuma sebentar hanya untuk memberi gorengan di pinggir jalan? Ngaku aja! 


Ya, entah mengapa zaman sekarang semua hal sangat memudahkan kaun pengendara kendaraan bermotor. Kaum pejalan kaki tersingkirkan, bahkan gue pernah ikut-ikutan macet di jalan saat berjalan kaki pulang ke kost-an! Hey! Shame on you! The winner takes it all, the loser standing small. "Gue pake motor biar cepet kemana-kemana, gak kena macet.". Tetot, yang bikin macet ya kalian sendiri. Pernah gak sih mikir kalo yang mikir kayak gitu jutaan orang bukan cuma elo doank? "Gue pake mobil biar engga kena panas dan polusi udara di Jakarta." Helllaaauuuwwwwwwwwww, yang bikin polusi ya orang-orang kayak elo yang jumlahnya jutaan. Pelis deh kakak. 


Kalo kalian beropini bahwa kendaraan umum di Indonesia (atau di Jakarta) itu tidak nyaman, itu semata-mata kalian hanya manusia egois yang cuma mikirin diri sendiri. Percuma aja ada kawasan 3 in 1 di Jakarta kalau kalian memanfaatkan jasa joki 3 in 1. Saking egoisnya elo, elo ga mikir kalo keegoisan elo itu berdampak bukan hanya pejalan kaki, tapi lingkungan hidup. Ooops, sorry, mikirin pejalan kaki aja engga, apalagi lingkungan hidup ya. Sorry, gue terlalu "khusnudzon" sama kalian.

Sumber: http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/6544/1/09E01744.pdf (Thesis Abner Tarigan)

Sumber: http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/6544/1/09E01744.pdf (Thesis: Abner Tarigan)


Itu sepintas penjelasan mengapa kendaraan kesayangan lo yang harganya mahal banget (meski nyicil, tapi gak apa apalah demi status sosial) itu merusak lingkungan hidup. Inget, bukan kentut elo yang bau busuk itu yang merusak lingkungan hidup, kendaraan yang jumlahnya melebihi jumlah noda bekas jerawat di muka saya ini yang bikin lingkungan hidup menurun kualitasnya. Elo napas butuh oksigen kan? Bukan AC mobil lo yang cuma bikin adem kan? Kalo lo masih butuh oksigen, kurang-kurangi lah pake kendaraan bermotor. Oke kalo lo terlalu manja, minimal RESPEK sama pejalan kaki.

"Pejalan kaki ini hanya butuh sedikit respek."

Semoga kalian tidak berevolusi jadi manusia yang kemampuan kakinya tidak berfungsi lagi karena terlalu mengandalkan kendaraan bermotor. Terima kasih, safe drive, perhatikan hak pejalan kaki. 

*Catatan: penulis sedang dalam kondisi marah saat menulis ini. Hal-hal seperti di atas yang menjadi alasan bahwa penulis tidak pernah mau belajar mengendarai kendaraan bermotor. Maaf ini prinsip. 


No comments: