Sunday 4 December 2011

Pertemuan Forum Hijau Bandung - November 2011

Bertempat di Common Room, Forum Hijau Bandung (FHB) kembali mengadakan pertemuan rutin. Berkenaan dengan peringatan Hari Pahlawan yang jatuh pada tiap tanggal 10 November, tema FHB bulan ini adalah "Siapakah pahlawan lingkungan Kota Bandung?". Ada dua organisasi lingkungan Kota Bandung yang gerakannya sudah sangat besar, yaitu Dewan Pemerhati Kehutanan dan Lingkungan Tatar Sunda (DPKLTS) dan Greeneration Indonesia (GI) yang menjadi narasumber, ditambah dua pemuda yang baru saja mengikuti kompetisi besar yang berkaitan dengan lingkungan, yaitu Amalina dari Abasah (ABG Asik Bersepedah) yang mengikuti Climate Smart Leaders 2011 dan Khilda Baiti Rahmah yang memenangkan juara favorit Danamon Awards 2011. 

Sesi presentasi dari DPKLTS
Dalam pertemuan kali ini, baik DPKLTS atau pun GI sama-sama menceritakan perjuangan mereka dalam mengembangkan organisasinya hingga menjadi besar dan memberikan dampak positif bagi orang banyak. DPKLTS fokus terhadap permasalahan lingkungan dan kehutanan di area Jawa Barat. Berbagai kegiatan sosial, diskusi, tinjauan lapangan, hingga diplomasi dilakukan oleh DPKLTS untuk mempertahankan keseimbangan ekosistem di lingkungan Jawa Barat.

GI yang terkenal dengan kampanye "Diet Kantong Plastik" mengajak masyarakat untuk mengurangi penggunaan kantong plastik dan beralih menggunakan tas pakai ulang. Produk GI yang sangat terkenal adalah tas baGoes yang merupakan tas pakai ulang dengan bantuk yang menarik dan mudah dibawa. Dengan menyebut dirinya social enterprise, GI mempunyai program "Masuk RT (Manajemen Sampah Untuk Kawasan Rumah Tangga)" yang mengajak penduduk masyarakat di tingkat rumah tangga untuk mengelola sampahnya secara mandiri.

Begitu pula dengan Amalina dan Khilda sebagai generasi pemuda yang peduli terhadap keberlanjutan lingkungan, berbagi cerita tentang perjuangannya mengajak masyarakat untuk mulai memperhatikan lingkungan sekitar. Amalina dengan aksi bersepeda dan Khilda dengan "Sampahkoe" sama-sama menginspirasi partisipan FHB yang hadir untuk memiliki motivasi yang sama dalam pengembangan pelestarian lingkungan.
Khilda Baiti Rahmah bercerita tentang pengalamannya
dalam menjalankan program Sampahkoe

Kesimpulan dari tema "Siapakah pahlawan Kota Bandung?" adalah masing-masing dari pribadi kita adalah pahlawan lingkungan. Sebanyak 7 miliar penduduk bumi bertanggung jawab terhadap kondisi lingkungan saat ini. Kalau bukan kita, siapa lagi? Kalau bukan sekarang, kapan kita menyelamatkan lingkungan kita yang sudah terlanjur rusak?

Salam hijau,
Partisipan aktif FHB

No comments: