Wednesday 25 January 2012

HEART: Hear the Earth with Art

Rotaract Bandung Sentral Kota Kembang menggelar program sosial bertajuk "HEART: Hear the Earth with Art". Program edukasi yang ditujukan untuk anak-anak ini mengangkat isu lingkungan dengan pokok permasalahan sampah. Acara kampanye lingkungan yang akan di-launching pada tanggal 29 Januari 2012 nanti di Pangalengan, Jawa Barat, ini diisi dengan berbagai kegiatan menarik, seperti pemutaran film animasi pendek tentang sampah, story telling, dan berkebun. 

Kegiatan ini mengajak anak-anak untuk mulai peduli terhadap lingkungan, terutama sampah. Pengelolaan sampah yang kurang tepat saat ini diharapkan tidak terulang pada generasi selanjutnya. Oleh karena itu, langkah awal untuk mempersiapkan generasi muda selanjutnya adalah dengan membuat kegiatan yang menarik anak-anak agar berpartisipasi aktif dalam pola pengelolaan sampah secara mandiri.

Pada persiapan menggelar kegiatan ini, tim dari Divisi International Service, Rahyang Nusantara, Naluri Bella Wati, Raja Iqbal Mulya Harahap, dan Chandra Kurniawan, menyusun strategi untuk program ini. Modul mengenai pengelolaan sampah, story board alur cerita, dan pedoman program disusun untuk mendukung terlaksananya program ini. Selain itu, poster dan logo dipersiapkan untuk keperluan publikasi. Display, seperti backdrop dan frame  yang dibantu oleh Idea Bhakti Pratiwi dan Irfan Septian juga dibuat untuk mendukung teknis story telling.

Diharapkan program ini bisa menginspirasi pihak-pihak lain terkait pendidikan lingkungan untuk anak-anak. Program ini selanjutnya akan dilaksanakan setiap bulannya di beberapa sekolah dasar di Kota Bandung, serta modul pengelolaan sampah dan story board akan dipublikasikan dalam bentuk dwibahasa, Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. 

*thanks to Yudi Al Amin sebagai penyandang dana

Salam Hijau,
Rahyang Nusantara
Tim HEART Campaign Project


No comments: