Tuesday 6 January 2015

Kilas Balik #1minggu1cerita 2014

Selamat tahun baru 2015!

Memulai tahun yang baru ini, gue ingin menceritakan mengenai program kecil-kecilan bareng blogger-blogger cupu lainnya. Biarlah cupu, yang penting rajin nulis (teu oge sih!). Diawali sejak pertengahan Juni 2014 lalu, gue, Teh Anil, Guli, Selly Agustina, Jessis, dan Shelly Asmauliyah (kompornya Teh Anil sih!) memulai komitmen untuk nulis di blog satu minggu satu cerita, disingkat #1minggu1cerita. Tujuannya supaya kami rajin berbagi lewat tulisan. Gue sih meyakini kalo "writing is healing". 

Ternyata engga semua dari kami rajin nulis. Sampai pada akhirnya, Teh Anil (tuh kan!) memutuskan untuk mere-komitmen para "anggota" untuk menulis di blog. Anggota terkini adalah: gue, Teh Anil, Guli, Shelly, Teh Yeni, Naluri, Gardea, dan Rani. Ya, gue cowok satu-satunya dan yang paling rajin nulis di blog (sombong!). Mungkin ini bergantung pada komitmen dan prioritas diri sendiri terkait nge-blog. 


Di semester terakhir 2014, kami berhasil mengumpulkan 70 buah tulisan dengan berbagai macam topik! Ada topik lingkungan (ini yang paling banyak), pernikahan, pengembangan diri, hobi, dan karir. Sebenernya jika kami rajin nulis seminggu secerita, harusnya ada 171 buah cerita. Itu artinya tingkat keberhasilan kami hanyalah 40, 93%. Tidak buruk lah untuk sebuah permulaan, hehehe.

Oleh karena itu, di tahun 2015 ini kami memiliki target untuk bisa menulis lebih banyak dan lebih komitmen terhadap target #1minggu1cerita dan mengajak lebih banyak orang untuk ikutan! Mengapa? Karena berbagi itu penting! Kita perlu memanfaatkan media digital dengan maksimal dan berinteraksi dengan banyak orang. Sekali lagi, "writing is healing". 

Target kami di tahun ini adalah mengumpulkan "anggota" hingga 30 orang dengan mekanisme member get member dan mengumpulkan total 500+ tulisan selama satu tahun! Mari menulis. Anda merasa tertantang? :)

----

Tentang #1minggu1cerita

Proyek menulis di blog yang bertujuan untuk membuat blogger rajin nulis dan berbagi mengenai berbagai macam informasi. Tulisan di-posting maksimal hari Jum'at tiap minggunya dan dibagikan lewat grup WhatsApp anggota serta media sosial masing-masing anggota dengan menyebut akun para anggota supaya lebih mudah untuk dibagikan ulang. Tertarik bergabung? Silahkan mendaftar disini

----

Testimoni

Anilawati Nurwakhidin:
Jadi salah satu pemicu lahirnya 11 tulisan dalam beberapa bulan ini! Walaupun rada malu sih heheh,
ngaku sebagai inisiator program tapi masih jauh  dari targetan ideal.
Rahyang Nusantara:
Karena suka narsis, jadi merasa terfasilitasi dengan #1minggu1cerita ini, hahaha.
Selain bisa berbagi pengetahuan, sekaligus dapet panggung buat nampil. 
Indri Guli:
Kadang kita tuh suka merasa lebih kuat dan mampu kalau ada temen seperjuangan.
Nah, #1minggu1cerita ini juga begitu, jadi semacam penjaga ritme menulis.
Yeni Kurnia:
Sempet menyerah juga sih waktu itu, tapi Teh Anil jagoan meyakinkan tuk mencoba tantangan ini.
Hasilnya, sangat seru (bakalan nyesel kalau dilewatkan), sambil ngintip-ngintip tulisan yang lain.
Sebagai newbie, dapet ilmu juga tentunya. And most of all, mencoba menulis buat mereka,
the bunch of beunceuhs. Generasi penerus bumi.
Shelly Asmauliyah:
Memulai itu lebih mudah daripada mempertahankan, semangat menggebu untuk menuangkan ide
tidak sebanding lurus dengan konsisten mood untuk terus berbagi dalam tulisan #1minggu1cerita.
Yuk, jadi bagian keseruan berbagi cerita, berbagi ide, gagasan dalam kebiasaan yang ditemani oleh konsisten. 

No comments: