Monday 29 December 2014

Kolaborasi Kuliner dan Kampanye Lingkungan

Entah sudah berapa bulan gue gak ketemu ama sahabat gue satu ini. Bulan lalu, akhirnya kita janjian buat ketemuan. Padahal jarak engga jauh-jauh amat. Gue di Jakarta, dia di Depok. Semua beres berkat Commuter Line. Waktu itu gue ama dia cuma pengen ketemu aja sambil ngobrol-ngobrol. Karena sudah takdir Tuhan, pertemuan itu jadi awal kolaborasi gue ama sahabat gue ini.

Seperti yang udah kalian ketahui, gue adalah pegiat isu lingkungan. Gak perlu aku ceritain lagi. Nah, gue mau cerita tentang sahabat gue ini. Kita nge-geng udah dari tahun 2009 sejak aktif di BEM Kema Unpad, tepatnya Departemen Minat dan Bakat bareng Naluri, Ibel, Dina, dan Nina. Dia sempet ngilang sih gara-gara putus ama pacarnya. Hahaha. Sejak lulus kuliah, dia pindah ke Lampung. Disana dia merintis usahanya sendiri di wedding organizer. Katanya sih satu-satunya di Lampung. Sebelum pindah ke Depok untuk kuliah master, dia sempet nyoba-nyoba bikin sabun ramah lingkungan sendiri.

Nah, pas pindah ke Depok, otaknya dia tetep kreatif. Engga mungkin ‘kan bawa usaha wedding organizer ke Depok sambil kuliah? Karena latar belakang keluarganya dia yang rentan kena penyakit, sahabat gue ini kepikiran bikin usaha catering makanan sehat. Catering diet mayo. Udah pada tahu kan diet mayo itu apaan? No, itu bukan diet makan mayonnaise atau diet hanya makan mayonnaise doank. Diet mayo itu pola makan dengan membatasi asupan garam, air es, MSG, dan zat aditif lainnya, sepanjang informasi yang gue tahu. Diet mayo ini dilakukan selama 13 hari dan setahun sekali. Kita engga mau kena gondongeun ataupun penyakit gondok karena kekurangan iodium ‘kan? Gue pernah sih nyobain diet mayo, tapi gagal di hari pertama karena godaan mie bakso! Hahaha.

Usut punya usut, temen gue yang dulu pernah bareng-bareng kampanye lingkungan juga di Bandung ini, ternyata engga cuma promosi pola makan sehat. Dia juga promosi gaya hidup ramah lingkungan juga lho! Jadi, waktu ketemuan bulan lalu itu, secara engga sengaja obrolan kita mengarah ke pengemasan makanan yang digunakan oleh sahabat gue itu. Ternyata, dia engga pakai dus, plastik, atau styrofoam. Dia bela-belain membeli kontainer plastik pakai ulang yang foodgrade. Engga hanya itu, dia juga nganter kotak makanan ke kliennya engga dibungkus plastik. Dia menyediakan tas kain.

Sementara itu, organisasi gue ini pengen mendorong model bisnis tanpa kantong plastik, dan sahabat gue ini udah melakukannya duluan. Jadi, sejak saat itu, kami sepakat untuk kolaborasi program. Dari segi kuliner, dia mempromosikan pola makan sehat yang dikemas dengan wadah ramah lingkungan dan tentunya food grade. Dari segi lingkungan, dia juga mempromosikan bagaimana memakai ulang wadah untuk membawa makanan. Gue, mewakili organisasi gue dan juga sebagai sahabat yang baik dan tidak sombong, berkewajiban untuk membantu mempublikasikan ini. Dia dapet promosi, gue dapet contoh baik untuk dipublikasikan. Simbiosis mutualisme.


Mulai tahun depan, 2015, Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik akan berkolaborasi dengan Mayo Diet Reinvented, karya sahabat saya, Idea Bhakti Pratiwi, untuk mempromosikan pola makan sehat dan gaya hidup ramah lingkungan secara bersama-sama. Bagaimana kita bisa mengonsumsi makanan yang sehat jika masih menggunakan wadah yang sekali pakai dan menimbulkan bencana sampah di kemudian hari? 

No comments: