Tuesday 9 June 2015

Fenomena Kartu Anggota

Hi, sudah dua minggu nih melewati #1minggu1cerita. Mari mulai bulatkan tekad menulis.

-----

Dua tahun terakhir, gue keranjingan kartu anggota. Kalo zaman sekolah dulu paling banter punya kartu anggota perpustakaan doank. Sekarang, zamannya kartu ada dimana-mana.

Gue gak paham sih mengapa kartu-kartuan ini jadi merajalela. Ada juga yang bilang kalau kartu-kartuan ini bakal "menggeser" uang sebagai alat pembayaran. Bisa juga ini taktik para kapitalis supaya masyarakat menjadi lebih konsumtif, gue salah satunya.

Mari kita cek kartu anggota apa saja yang bikin gue sangat konsumtif.

1. Makan
Mau makan aja sekarang ribet, mening di warteg aja deh kagak usah pake kartu-kartuan hahaha. Di beberapa foodcourt pusat belanja, sudah diharuskan menggunakan kartu. Kagak tau deh tujuannya apa. Benefitnya juga ga ada. Entah itu poin atau hadiah hahaha. Beneran mengganti posisi uang.







2. Ngopi, nonton, belanja
Nah, kalau yang ini gue pake karena ada keuntungannya hahaha. Starbucks card gue pake karena bisa dapet buy 1 get 1 kalo lagi promo menu baru. Selain itu, tiap kali beli dapet bintang, kalo udah 10 bintang bisa dituker minuman gratis. hahaha. Si blitzcard lebih sering gue pake waktu di Bandung, di Jakarta jauh ke menuju Blitzmegaplex terdekat. Ini juga ada poin-poin gitu yang bisa dituker jadi tiket atau makanan. Nah, kalo Lotte Supermarket membercard ini hasil nge-random sama si Mpok. Gara-gara iming-iming diskon 5% doank tiap melakukan pembelanjaan, jadi aja tersihir buat bikin.


3. Skincare
Cowok centil memang. Sukanya beli produk perawatan wajah dan tubuh (sama update gadget!), ketimbang beli yang lain. Maaf yah, soalnya wajahnya bermasalah (selain masalah kurang tampan!). Hahaha. Jadi, aja tergoda untuk punya membercard demi benefit-benefit yang diiming-imingi industri kapitalis. Hahaha. Bahkan gue udah upper member di The Body Shop Indonesia saking keseringan belanja produk DISKON-an hahaha. Kalo di Kiehl's baru bikin, karena lumayan kalo poinnya udah banyak bisa dituker produk deluxe. Si membercard Galleries Lafayette juga bikin karena ditawarin gratis, lumayan lah. Dipake juga kalo lagi beli produk Kiehl's doank. Produk yang lain yang dijual sama department store ini mahal gila, kagak mampu belinya!

4. Transportasi
Bahkan lo mau naik kereta api dan bis pun perlu kartu. Udah ga zaman lagi uang beneran. Pake kartu sekarang mah biar kece. Lama-kelamaan, warteg juga punya mesin EDC kayaknya.









Gue gatau punya kartu-kartuan ini bagus atau engga, boleh atau tidak, berlebihan atau tidak, riya atau tidak, yang penting selama keuntungannya OK bagi konsumen dan tidak membuat kita jadi terlalu konsumtif dan jadi fans fanatik kartu, ya boleh-boleh aja. Semoga tidak nambah lagi kartu anggota lainnya yah. Cukup, Rahyang! Kartu asuransi atau kesehatan aja ga punya! Hahahaha.

No comments: