Wednesday 28 December 2011

Indahnya Berjejaring Komunitas Lingkungan Bandung

Bandung (28/12). Bertempat di Boemi Nini, Forum Hijau Bandung (FHB) kembali mengadakan pertemuan rutin bulanan. Forum yang berisikan partisipan-partisipan dari berbagai kalangan ini memang selalu mengadakan pertemuan rutin setiap bulannya untuk menjaga silaturahim dan berbagi ide dan informasi mengenai kegiatan lingkungan. Pada edisi bulan Desember ini, FHB meminta beberapa komunitas yang menjadi partisipan aktif untuk berbagi ide dan informasi mengenai kegiatan lingkungan yang telah dilakukan masing-masing komunitas. Komunitas itu adalah IAAS LC Unpad (blog disini), Sahabat Walhi Jabar (Link Facebook disini), dan SMPN 11 Bandung. Selain itu, Tim Manajemen FHB yang terdiri dari Anilawati Nurwakhidin (YPBB Bandung), Christian Natalie (Greeneration Indonesia), Dwi Sawung (Walhi Jabar), dan Danial Bin Fauzi (Climate Change Center) menjabarkan mengenai visi misi FHB kedepannya seperti apa.

Suasana pertemuan FHB edisi Desember di Boemi Nini
(Sumber: dok.Rahyang Nusantara,2011)

Presenter pertama dari IAAS LC Unpad yang diwakili oleh Rahyang Nusantara. IAAS LC Unpad sendiri belum terlalu banyak berkegiatan lingkungan, kegiatan aktif baru dilakukan pada tahun 2010. Beberapa kegiatan yang pernah dilakukan baru seputar seminar, konferensi, kampanye, dan pengimplemtasian zero waste event. Keikutsertaan IAAS LC Unpad dalam FHB juga baru dimulai tahun ini dan semenjak menjadi partisipan FHB, IAAS LC Unpad mendapat berbagai informasi, jejaring, dan ide baru untuk berkegiatan lingkungan.

Kegiatan diselingi oleh presentasi Tim Manajemen FHB yang diwakili oleh Anilawati Nurwakhidin. Teh Anil, begitu ia disapa, menjelaskan bahwa kegiatan FHB tahun ini adalah berkenalan komunitas/lembaga satu sama lain dan menjelaskan sedikit mengenai visi dan misi FHB. Melalui FHB ini, Tim Manajemen berharap adanya kolaborasi yang terjalin antar komunitas/lembaga sehingga bisa berkegiatan lingkungan lebih baik lagi. Kepengurusan FHB tahun ini akan berakhir pada bulan February 2012 dan akan dilakukan pemilihan tim manajemen yang baru. 

Presenter selanjutnya adalah dari SMPN 11 Bandung, diwakili oleh Ibu Nia Kurniati selaku guru dan mengajak beberapa siswanya. SMPN 11 Bandung ini dikenal sebagai sekolah yang ramah lingkungan. Melalui organisasi KIR (Kelompok Ilmiah Remaja), siswa SMPN 11 Bandung difasilitasi untuk membuat proyek-proyek lingkungan. Beberapa proyek mereka adalah memanfaatkan sampah-sampah yang telah dipisahkan menjadi beberapa kreasi yang bermanfaat. Salah satu kreasinya adalah wayang dari kardus bekas. Mereka juga membuat komik yang bercerita tentang lingkungan dan poster sebagai media komunikasi untuk menyampaikan pesan-pesan lingkungan. Metode keranjang takakura dan biopori juga sudah mereka terapkan untuk mengatasi sampah organik. 

Ibu Nia dan siswanya menceritakan proyek poster yang dibuat para siswa
(Sumber: dok.Rahyang Nusantara, 2011)

Kemudian, presentasi dilanjut oleh Sahabat Walhi Jabar (Sawa Jabar) yang disampaikan oleh Shelly Asmauliyah Suyatno selaku Koordinator Sawa Jabar. Kegiatan yang dilakukan oleh Sawa Jabar ini sudah banyak dan berkolaborasi dengan berbagai pihak. Banyak kejadian-kejadian lingkungan seperti Hari Bumi dan Hari Lingkungan, dimanfaatkan oleh Sawa Jabar untuk mengampanyekan isu lingkungan. Isu yang sedang dikampanyekan oleh Sawa Jabar saat ini adalah Babakan Siliwangi, hutan kota satu-satunya di Kota Bandung dan sudah dideklarasikan sebagai Hutan Kota Pertama Dunia di Indonesia oleh PBB pada bulan September lalu. 

Melalui forum ini, partisipan bisa mendapatkan ide, informasi, jejaring, dan semangat untuk melakukan hal baik untuk lingkungan walaupun kecil. Teknologi internet saat ini membuat forum ini selalu ramai dikunjungi. Group Facebooknya (alamat disini) pun selalu ramai oleh informasi-informasi lingkungan di Bandung. Ikatan komunitas yang kuat, komunikasi yang baik, dan kegiatan yang berkualitas menjadikan forum ini dikenal baik masyarakat Bandung. Seperti diungkapkan salah satu siswa SMPN 11 Bandung, kita akan kuat jika "berkomitmen, berjejaring, dan berkelanjutan".


Salam hijau,
Rahyang Nusantara
Partisipan FHB



No comments: