Thursday 13 October 2011

Transportasi Ramah Lingkungan


Pemanasan global yang sedang dialami oleh bumi ini semakin mengkhawatirkan. BBC (2011) melaporkan bahwa di Laut Beaufort, Alaska, makin banyak es yang mencair. Kondisi ini makin memburuk akibat ulah manusia yang tidak bertanggungjawab dalam menjaga kestabilan alam. Emisi karbon dioksida (CO2) dari industri, transportasi, dan kegiatan rumahtangga terus meningkat dan hutan-hutan sebagai penyerap CO2 makin gundul. Kekeringan, curah hujan tinggi, angin kencang, dan gelombang tinggi hanyalah masalah perubahan distribusi energi yang menyebabkan perubahan pemanasan permukaan bumi (daratan dan lautan) yang mengubah konveksi dan dinamika atmosfer. Di perkotaan pemanasan lokal lebih parah daripada di pedesaan yang dikenal sebagai “pulau panas perkotaan” (urban heat island), karena di kota cenderung pepohonan makin berkurang serta jalan aspal dan bangunan beton merupakan penangkap dan pemancar panas yang efektif (Djamaludin, 2011, dalam http://thegreencapitalist.wordpress.com).



Transportasi jadi salah satu permasalahan yang penting di perkotaan. Seperti dikutip oleh Okezone.com (2011), Pemprov DKI Jakarta mencatat bahwa setiap harinya ada 1.100 penambahan kendaraan bermotor dan didominasi oleh motor sebanyak 900 kendaraan di Jakarta. Bayangkan dengan penambahan kendaraan sebanyak itu, Jakarta sudah dipastikan panas karena banyaknya emisi karbon di udara. Bagaimana dengan Unpad? Meski belum diketahui jumlah kendaraan yang beraktivitas di lingkungan kampus, bisa kita lihat sendiri bahwa mayoritas mahasiswa menggunakan kendaraan bermotor, baik itu motor maupun mobil. Padahal, Unpad menyediakan fasilitas angkutan gratis meski jumlahnya masih terbilang sedikit. Selain itu, sebenarnya kondisi jalanan di Unpad cukup asyik untuk dilalui dengan berjalan kaki. 

Bagaimana dengan sepeda? Sepeda menjadi salah satu solusi terbaik untuk menuju kampus. Selain sangat ramah lingkungan (karena tidak mengeluarkan emisi), aktivitas dengan menggunakan sepeda juga membuat raga menjadi sehat. Salah satu komunitas sepeda di Unpad adalah Bike2Unpad yang memiliki anggota cukup banyak dan tersebar dari berbagai macam fakultas di Unpad. Aktivitas mereka adalah bersepeda menuju kampus dan mengajak mahasiswa lain untuk menggunakan sepeda sebagai upaya mitigasi pemanasan global.

Jadi, masih tetap menunggu pemanasan global mencapai klimaks atau kita mencegah pemanasan global itu menjadi semakin buruk? Berjalan kaki atau bersepeda menjadi salah satu alat transportasi paling ramah lingkungan, mudah, dan murah.

No comments: