Wednesday 29 August 2012

Hemat Energi? Kenapa Tidak!

Isu kelangkaan minyak bumi sudah cukup bosan kita dengar dari beberapa tahun belakangan ini. Upaya untuk mencari energi alternatif pun sedang dikembangkan, bahkan sudah ada yang menggunakan teknologinya. Selain itu, kampanye untuk mengurangi konsumsi energi fossil pun santer didengar. Tapi kok belakangan, alih alih mengurangi konsumsi energi, justru teknologi masa kini banyak menggunakan energi fossil ya? 

Listrik yang kita pakai sehari-hari, untuk nge-charge smartphone dan perangkat lainya itu, juga berasal dari energi fossil. Meski banyak produk hemat listrik, tapi kalau gaya hidup kita tidak berubah juga energi fossil itu juga bakal cepet habis juga. Bagaimana nanti nasib anak cucu kita yang nantinya mungkin tidak menikmati terangnya dunia ini? Malahan, yang lebih parah lagi, anak-anak masa kini juga sama gandrungnya dengan orang dewasa terhadap gadget. Makin banyak dong yang boros energi?

Namun, kampanye untuk mengajak orang menghemat listrik tidak pernah berakhir. Komunitas Sahabat Kota dan Greeneration Indonesia berinisiatif untuk berkampanye melalui video animasi edukasi dalam serial Petualangan Banyu. Video Petualangan Banyu sebelumnya mengusung tema air dan sampah, sedangkan kali ini bertema energi. Saya sendiri belum menonton video Petualangan Banyu edisi energi ini karena mereka sedang melakukan fund rising untuk meluncurkan video ini. Saya sendiri sangat penasaran dengan video ini. Kalo kamu penasaran juga, yuk kita bantu dengan berdonasi lewat situs Wujudkan.com disini. Gak rugi lho membantu mendukung kampanye edukatif ini. 

This is an energy challenge. Support "Petualangan Banyu dan Elektra Menyalakan Kota" here.

No comments: